Hati Baru

Pewartaan Sabda Tuhan dalam Dunia Komunikasi Digital

Bapa Suci Paus Benediktus XVI mengangkat tema “Imam dan Pelayanan Pastoral dalam Dunia Digital: Media Baru Dalam Pewartaan Sabda Tuhan” untuk Hari Komunikasi Dunia pada bulan Mei 2010.  Tema Hari Komunikasi tahun ini dikaitkan dengan tema Tahun Imam. Paus sangat menyadari pentingnya komunikasi digital dalam mewartakan Sabda Allah. Dan Gereja sebagai tanda dan sarana komunikasi Allah dengan manusia seharusnya dapat menggunakan sarana digital untuk menciptakan “manusia baru”. Surat Paus terkait Hari Komunikasi Sedunia itu secara spesifik ia tujukan kepada para imam, yang berperan penting dalam mewartakan Tuhan kepada umatnya.

“Imam diharapkan dapat hadir di dalam dunia komunikasi digital dalam memberikan kesaksian terhadap Sabda Tuhan, mempraktikkan peran utama mereka sebagai pemimpin komunitas yang mampu mengekspresikan diri mereka dengan suara-suara yang berbeda yang diberikan oleh pasar digital. Imam ditantang untuk mewartakan Sabda Tuhan dengan melayani genarasi masa kini yang dekat dengan sumber-sumber audiovisual (photo, video, gambar animasi, blog, website), di samping cara-cara tradisional, ini dapat membuat pandangan luar kita untuk berdialog, berevangelisasi dan berkatekese.”

Imam adalah man of God, yang menghadirkan Allah termasuk lewat teknologi digital, sehingga Allah sungguh dirasa hadir sekarang ini, demikian  imam juga menghadirkan kebajikan religius dari masa lampau yang dapat menginspirasikan usaha-usaha untuk hidup bermartabat dengan membangun suatu masa depan yang lebih baik.

Bagaimana para imam menggapi seruan Paus? Bagaimana para imam telah ikut ambil bagian dalam pewartaan Sabda Tuhan melalui komunikasi digital, khususnya internet? Berikut sharing beberapa imam terkait hal itu:

Rm. Blasius Slamet Lasmunadi Pr. [Keuskupan Purwokerto].

Rm. Adrianus Akik Purwanto Pr. [Keuskupan Surabaya].

Rm. Rheiner Saneba Pr. [Keuskupan Manado].

Rm. Alexander Erwin Santoso, MSF

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

1 Comment for “Pewartaan Sabda Tuhan dalam Dunia Komunikasi Digital”

  1. Sungguh menyenangkan bahwa makin banyak kesadaran dari kalangan Gereja (klerus terutama) yang mulai mempergunakan media komunikasi sosial (website, blog, atau jejaring sosial) sebagai media pewartaan. Sekedar sharing: saya mulai aktif mempergunakan media internet (blog di: http://programkatekese.blogspot.com) sejak 2 tahun lalu, sebagai sumbangsih saya terhadap gereja terutama dunia pewartaan iman/katekese, tapi kurang mendapat tanggapan. Maka saya tutup blog saya. Tetapi karena dorongan rekan-rekan sesama pewarta/katekis yang memberi semangat, maka saya aktif lagi sebagai blogger dan kini mulai banyak peminat blog saya dari seluruh indonesia bahkan dari negara-negara yang tidak saya kenal pun ikut melihat/mampir di blog saya.
    Demikian mudah-mudahan makin banyak umat (awam maupun klerus) mempergunakan media-media komunikasi sosial sebagai alat pewartaan iman.
    Syalom,
    Yudi

Leave a Reply

*
Weboy

Photo Gallery

Log in | Wp Advanced Newspaper WordPress Themes Designed by Gabfire themes mugen 2d fighting games
Wp Advanced Newspaper WordPress Themes Gabfire